Berbagi pengalaman, pengetahuan maupun hal-hal unik dalam hidup adalah salah satu hal sederhana yang mungkin saja mendatangkan manfaat bagi orang lain

Sunday, May 25, 2014

Beberapa Defenisi Tentang Matematika, Belajar, Pembelajaran, Hasil Belajar

Defenisi tentang matematika, belajar, pembelajaran dan hasil belajar merupakan aspek yang sering diperbincangkan. Banyaknya ahli yang mengemukakan aspek ini telah menjadi buah bibir dikalangan mahasiswa khususnya yang bergelut di bidang pendidikan. Terlebih lagi mahasiswa Matematika semester akhir yang dituntut untuk menyelesaikan tulisan ilmiah yakni skripsi akan selalu bergelut masalah ini. Nah, buat teman-teman yang lagi bingung mendefenisikan Matematika, Belajar, pembelajaran dan Hasil belajar ndk usah khawatir kali ini saya akan berbagi beberapa defenisi menurut ahli dari berbagai referensi yang saya baca. 

Defenisi Matematika :
Menurut james dan james matematika merupakan ilmu tentang logika yang mengenai bentuk besaran, baik susunan maupun besaran dan konsep-konsep yang berhubungan dengan jumlah yang banyak

Menurut Hudoyo (1988:3) berpendapat bahwa matematika berkenaan dengan ide-ide, struktur-strukturdan hubungan-hubungannya diatur secara logik sehingga matematika berkenaan dengan konsep-konsep abstrak. 


Defenisi Belajar :
Menurut Gagne (1984) belajar adalah suatu proses dimana suatu oranisme berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman.

Menurut Morgan (1978) adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman

Menurut B. F Skinner (1958) adalah suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah lakuyang berlangsung secara progresif.

Menurut Thorndike (1933) belajar adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap.

Defenisi Pembelajaran :
Menurut Saiful Sagala (2011:61) pembelajaran ialah membelajarkan siswa menggunakan asas pendidikan maupun teori belajar merupakan penentu utama keberhasilan pendidikan.

Menurut Trianto (2011:17) pembelajaran merupakan interaksi dua arah dari seorang guru dan peserta didik dimana antara keduanya tenjadi komunikasi yang intens dan terarah menuju pada suatu target yang telah ditetapkan sebelumnya.

Defenisi Hasil belajar :
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku atau tanggapan yang diperoleh dari pengalaman

Hasil belajar merupakan input, pendapatan, perolehan dari sebuah upaya yang dilakukan selama melalui proses baik dari latihan maupun pengalaman.


Sumber :
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sabar, Muhammad Nur. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIII.2 MTs Muhammadiyah Tallo. Skripsi Tidak diterbitkan. Makassar:FKIP Unismuh Makassar

Trianto. 2011. Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kritik dan sarannya jgn lupa kawan....Okey

Search This Blog

Tulisan Terbaru

3-tag:Courses-65px

BTemplates.com